Tindak Lanjut Bahasan KTT ASEAN, Plugo Siap Dukung Pertumbuhan Perdagangan Digital

Plugo Siap Dukung Pertumbuhan Perdagangan Digital

Seiring dengan berkembangnya teknologi yang sangat pesat, banyak aspek atau bidang yang terdampak. Salah satunya dalam bidang perdagangan. Seperti yang Anda tahu, dulu masyarakat melakukan transaksi jual – beli di pasar, toko dan sebagainya. Sekarang, dengan kehadiran sosial media dan platform toko online lainnya, budaya belanja masyarakat bergeser menjadi belanja online.

Alasannya, belanja online dinilai lebih mudah dan praktis. Tidak perlu keluar rumah, cukup beberapa kali klik di smartphone, barang akan dikirim dan tinggal menunggu saja. Hal ini tentunya memaksa pedagang atau pemilik usaha untuk beralih ke perdagangan digital agar tetap bisa bertahan di persaingan yang sangat ketat.

Pentingnya Beralih ke Perdagangan Digital

Fenomena perdagangan digital tidak hanya merupakan tren sementara, tetapi juga memiliki dampak yang signifikan pada kesuksesan jangka panjang bisnis. Berikut ini adalah beberapa alasan pentingnya untuk beralih ke perdagangan digital, di antaranya:

Jangkauan yang Lebih Luas

Salah satu keuntungan terbesar dari perdagangan digital adalah jangkauan yang lebih luas. Dengan memiliki kehadiran online, pemilik usaha dapat mencapai pelanggan di seluruh dunia.

Anda tidak hanya memperluas pangsa pasar potensial, tetapi juga meningkatkan kesempatan untuk menghasilkan pendapatan lebih besar.

Penghematan Biaya Operasional

Beralih ke perdagangan digital juga dapat menghasilkan penghematan biaya operasional yang signifikan. Bisnis konvensional seringkali memerlukan investasi besar dalam hal penyewaan ruang fisik, gaji karyawan, dan berbagai biaya overhead lainnya.

Dalam perdagangan digital, banyak dari biaya-biaya ini dapat dikurangi secara signifikan atau bahkan dihilangkan. Ini memungkinkan pemilik usaha untuk mengalokasikan sumber daya ke area lain yang lebih penting.

Fleksibilitas Waktu dan Lokasi

Dengan perdagangan digital, pemilik usaha dapat mengelola bisnis mereka dari mana saja dan kapan saja. Ini memberi mereka fleksibilitas yang lebih besar dalam mengatur waktu kerja dan kehidupan pribadi.

Selain itu, ini juga membuka peluang bagi pemilik usaha untuk bekerja sama dengan rekan bisnis dan pelanggan di seluruh dunia tanpa perlu berpindah tempat.

Analisis Data yang Lebih Baik

Perdagangan digital juga memberikan akses kepada pemilik usaha untuk data yang lebih baik. Dengan bantuan alat analitik, mereka dapat melacak perilaku pelanggan, memahami tren pasar, dan membuat keputusan berdasarkan data yang akurat.

Hal ini dapat membantu dalam mengoptimalkan strategi pemasaran dan mengidentifikasi peluang bisnis yang lebih baik.

Kemampuan untuk Bersaing

Bisnis yang tidak memiliki kehadiran online sekarang ini mungkin tertinggal dalam persaingan. Semakin banyak konsumen yang mencari produk dan layanan mereka secara online, dan jika sebuah bisnis tidak hadir di platform digital, mereka dapat kehilangan peluang bisnis berharga.

Dengan beralih ke perdagangan digital, pemilik usaha dapat tetap bersaing dan relevan di pasar yang terus berubah.

Perdagangan Digital Jadi Salah Satu Poin Penting Hasil KTT ke-43 ASEAN

KTT ke-43 ASEAN telah berhasil terselenggara di Jakarta pada tanggal 5 – 7 September 2023. Indonesia dipilih memegang keketuaan ASEAN pada KTT tahun ini.

Forum pertemuan negara-negara ASEAN ini menghasilkan beberapa poin penting yang telah disepakati, yakni mewujudkan ekosistem kendaraan listrik di ASEAN, Digital Economy Framework Agreement (DEFA), ketahanan pangan, ketahanan energi, implementasi Chiang Mai Initiatives dan LCT (Local Currency Transaction), ASEAN Outlook on Indo-Pacific, dan terkait investasi dalam ASEAN Indo-Pacific Forum.

Perdagangan digital menjadi salah satu poin penting yang tercantum, menandakan bahwa hal tersebut sangat penting untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan negara. Namun, ketidaktahuan para pemilik usaha terhadap cara memulainya menjadi tantangan tersendiri yang harus segera diatasi.

Plugo Siap Dukung Pertumbuhan Perdagangan Digital

Untuk membantu para pebisnis memulai toko online-nya sendiri, Plugo hadir menawarkan semua yang Anda butuhkan untuk berjualan online dalam satu platform. Tentunya ini menjadi salah satu dukungan terhadap pertumbuhan perdagangan digital di Indonesia.

Kemudahan dalam membangun platform toko online, membuat banyak orang terutama pedagang dan pemilik usaha tertarik untuk bertransmigrasi ke perdagangan digital. Yang mana, akan membantu meningkatkan perekonomian dan mampu bersaing di tengah ketatnya persaingan bisnis saat ini.

Plugo merupakan platform e-commerce all-in-one yang memberdayakan siapa saja yang ingin memulai bisnis online, termasuk Anda. Anda bisa mendesain toko online sendiri, termasuk template website, integrasi pembayaran dan kurir, SEO serta fitur marketing.

Berikut ini adalah beberapa fitur yang ditawarkan oleh Plugo, di antaranya:

PlugoStore

Fitur PlugoStore ini akan membantu Anda membangun toko online dengan cepat, hanya dalam hitungan menit.

Anda bisa mengubah tampilan website sesuai keinginan. Dilengkapi dengan sistem manajemen order, payment gateway, dan integrasi logistik untuk membantu memproses orderan.

Ada berbagai macam pilihan template premium untuk website e-commerce milik Anda. Tema responsif ini dapat menyesuaikan toko online Anda di beragam perangkat.

PlugoLinks

Dalam akun sosial media yang Anda jadikan sebagai media pemasaran, akan sangat riweuh jika menyematkan semua link di bio. Tampilan laman awal sosial media juga jadi tak menarik karena terlalu banyak link.

Plugo menawarkan PlugoLinks, yakni fitur link-in-bio yang memungkinkan Anda membuat halaman khusus dengan beberapa link penting untuk dibagikan kepada customer atau audiens. Hanya dengan satu link, bisa menampung semua channel sesuai preferensi customer.

PlugoAds

Dengan fitur PlugoAds, Anda bisa menjalankan iklan langsung dari satu tempat. Mulai dari peluncuran, pengoptimalan, dan monitoring iklan, semua bisa dilakukan langsung dari dashboard Plugo.

Bayarnya hanya dengan PlugoCoins, tidak perlu menggunakan kartu kredit. Selain itu, Anda juga bisa melihat metrik campaign untuk menganalisis pendapatan dan ROI yang dihasilkan dari iklan tersebut.

PlugoSync

PlugoSync akan membantu Anda untuk memusatkan semua saluran penjualan di Plugo. Anda jadi bisa lebih hemat waktu, biaya, dan juga tenaga.

Fitur omnichannel ini telah terintegrasi dengan beberapa marketplace terbesar di Indonesia, termasuk Shopee, Tokopedia, Lazada, TikTok Shop dan lain-lain. Bahkan, Anda bisa melakukan sinkronisasi stok otomatis setiap saat dengan adanya fitur notifikasi stok.

PlugoPos

Mencatat transaksi jual – beli secara manual, rawan sekali terjadi human error. Dengan PlugoPos, Anda bisa mengelola transaksi, inventaris dan pegawai toko dengan mudah.

PlugoPos juga membantu memudahkan interaksi dengan pelanggan serta meningkatkan penjualan dengan sistem point-of-sale. Anda bisa menggunakan fitur ini di seluruh perangkat, tanpa perlu install apa pun. Adanya integrasi PlugoPos dan PlugoStore membuat Anda juga bisa melihat data penjualan setiap harinya.

Buat Platform Toko Online dengan Mudah Bersama Plugo

Banyaknya fitur-fitur yang terintegrasi dalam satu platform Plugo, membuat Anda bisa dengan mudah membuat platform toko online sendiri. Apalagi, Plugo sepenuhnya berbasis cloud dan hosting.

Hal ini memungkinkan Anda untuk mengakses dan mengelola bisnis dari mana saja, kapan saja, bahkan saat bepergian ke luar kota maupun luar negeri. Plugo menawarkan kemudahan dalam mengelola bisnis online, yang bisa diakses secara gratis.

Namun, tersedia pilihan paket berbayar apabila Anda ingin menikmati fitur-fitur yang lebih premium. Harga paket berbayar ini mulai dari Rp200 ribuan saja.

Bagi yang tertarik untuk membuat toko online untuk ekspansi bisnis, langsung saja kunjungi laman plugo.co. dan lakukan konsultasi dengan tim profesional Plugo. Jadi, sudahkah Anda siap mengembangkan bisnis online bersama Plugo?

List Blog Keren Rajabacklink

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *