Ingin Kulkas Bersih dan Tidak Berbau? Ini Caranya!

cara membersihkan kulkas agar tidak berbau

Kulkas adalah peralatan dapur yang sangat bermanfaat untuk kita menyimpan bahan makanan agar lebih awet. Karena banyak bahan makanan yang tersimpan di dalamnya, seringkali kulkas mengeluarkan bau tak sedap.

Maka dari itu, kita harus rajin membersihkan kulkas agar semua komponennya bisa berfungsi dengan baik dan kulkas tidak berbau. Dengan kulkas yang bersih dan rapi, makanan akan lebih higienis dan segar. Jika kamu masih bingung bagaimana cara merawat dan membersihkan kulkas di rumah. Simak pembahasanya berikut ini, ya!

Mengosongkan dan merapikan kulkas

Sebelum kita mulai membersihkan kulkas. Lebih baik, kita mengosongkan kulkas dari bahan makanan. Jangan lupa untuk mematikan kulkas dan mengeluarkan semua barang yang ada di dalamnya. Pindahkan bahan makanan ke tempat yang tertutup agar suhunya tetap terjaga.

Melepaskan rak

Setelah kulkas kosong, kita harus melepaskan rak dan menggosok bagian dalamnya. Hal ini akan membuat sisa makanan yang menempel menjadi terlepas dan keluar. Jika ada bau tak sedap yang menggangu. Penambahan sedikit lemon atau cuka ke air sabun bisa membantu mengurangi baunya.

Membersihkan rak dalam

Kita bisa membersihkan rak di bawah air yang mengalir. Aliran air yang membantu membuang sisa makanan. Berikan sedikit gosokan dengan cairan pembersih dan membilasnya. Keringkan sebelum memasukannya kembali ke dalam kulkas.

Membersihkan saluran drainase

Saluran ini berada di bagian belakang kulkas. Kita harus membersihkannya secara rutin agar saluran drainase tidak tersumbat. Sehingga, air yang berlebih tidak bisa menumpuk pada bagian pembuangan dan dinding kulkas.

Membersihkan bagian luar

Kuman tidak hanya ada di bagian dalam kulkas, tetapi bagian luar juga, seperti di pintu kulkas yang sering kita sentuh. Selain itu, dapat terdapat debu maupun remahan yang bisa tertarik ke bagian segel pintu. Oleh sebab itu, kita bisa membersihkannya dengan kain lap basah dan cairan antibakteri.

Membersihkan gulungan kondensor

Kita bisa menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkannya. Gulungan ini berada di bagian belakang kulkas. Gulungan yang terlalu kotor dapat menyebakan kulkas lebih hangat. Oleh karenanya, kita perlu melakukan pembersihan ini dua kali dalam setahun. Ingat ya, kulkas harus dalam keadaan mati dan semua komponennya dingin.

Seperti peralatan dapur lainnya, kulkas harus kita bersihkan secara rutin agar tidak mudah rusak dan berbau. Apabila kamu ingin banyak tahu tips lainnya seperti cara menyimpan bahan makanan dalam kulkas. Kamu bisa kunjungi grinnliving.com. Semoga bermanfaat!

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *