5 Rekomendasi Menu Olahan Daging di Hari Raya Idul Adha

Menu Olahan Daging di Hari Raya Idul Adha

Di tahun ini, Hari Raya Idul Adha jatuh pada hari yang berbeda. Ada yang merayakannya pada hari Sabtu, 9 Juli 2022 dan ada yang memperingatinya pada hari Minggu, 10 Juli 2022 sesuai keputusan Kementerian Agama Republik Indonesia.

Meski berbeda, perayaan Hari Raya Idul Adha tetap menjadi momen yang istimewa bagi umat Islam di Indonesia. Apalagi, Idul Adha identik dengan kurban baik itu sapi maupun kambing.

Nah, artikel ini akan mengulasi beberapa rekomendasi menu olahan daging yang mungkin bisa menjadi inspirasi untuk disajikan di Idul Adha tahun ini. Simak baik-baik, ya!

Gulai

Gulai merupakan makanan dengan bahan baku utama daging yang diolah dalam kuah berbumbu rempat yang memiliki cita rasa gurih. Ciri khas gulai atau gule ini adalah memiliki warna kuah yang kuning dan kental.

Bumbu gulai diracik dari berbagai rempah seperti cabai merah, kunyit, bawang merah, bawang putih, lada, jahe, ketumbar, jintan dan lain-lain. Racikan bumbu ini kemudian dimasukkan dalam santam beserta daging sapi maupun kambing.

Rendang

Menu makanan satu ini sangat dinanti saat Idul Adha. Rendang memang salah satu makanan asli Indonesia yang terkenal kelezatannya. Bahkan, rendang menempati urutan pertama dalam daftar World’s 50 Most Delicious Food oleh CNN pada tahun 2011 lalu.

Untuk membuatnya, paling umum menggunakan daging sapi, namun bisa juga menggunakan daging kambing. Masak dalam bentuk rendang basah maupun kering, sesuaikan dengan selera.

Sate

Sate menjadi hidangan olahan daging yang bisa kita temui dengan mudah di berbagai daerah. Terlebih, cara mengolah sate dan membuat bumbu kacangnya cukup mudah dan sederhana.

Cukup membakar daging kurban, baik sapi maupun kambing yang telah direndam bumbu terlebih dahulu. Lalu, sajikan selagi hangat dengan saus bumbu kacang dan kecap manis.

Sop Daging

Bagi yang tidak terlalu suka hidangan bersantan, menu satu ini bisa menjadi pilihan yang cocok. Sop daging merupakan olahan daging dalam kuah kaldu sapi bening yang biasanya ditambah dengan irisan sayuran. Seperti wortel, kubis, kentang, bunci, tomat, daun bawang dan seledri untuk menambah cita rasanya. Tentu ini bisa menjadi opsi masakan diet sehat yang lezat.

Supaya lebih sedap dan nikmat, tambahkan tulang sumsum atau tetelan di dalamnya. Boleh juga menaburkan bawang goreng ketika menyajikannya agar lebih menggugah selera.

Tengkleng

Tengkleng sebenarnya hampir mirip seperti gulai, namun memiliki kuah yang lebih encer. Bahan dasar menu makanan ini terdiri dari tulang, daging dan jeroan kambing dengan kuah santan beraroma rempah yang menggugah selera.

Biasanya, tengkleng juga disajikan bersamaan dengan nasi hangat dan sate. Sangat cocok untuk disantap beramai-ramai dengan keluarga ketika Idul Adha.

Tongseng

Tongseng umumnya menggunakan daging kambing, namun bisa juga menggunakan daging sapi. Bumbu rempah untuk membuat menu makanan satu ini terdiri dari jahe, cengkeh, kayu manis, daun jeruk, biji pala dan batang serai. Tongseng tidak kalah nikmat dari sate dan tengkleng.

Agar lebih seimbang, tambahkan pula sayuran seperti kubis, kol, tomat dan daun bawang saat menyajikannya. Sebagai penghias dan mempercantik masakan, berikan taburan bawang goreng dan juga emping.

Itulah beberapa rekomendasi menu olahan daging yang bisa kita buat ketika Hari Raya Idul Adha. Tetapi, jangan konsumsi terlalu berlebihan, ya! Nah, untuk resep-resep olahan daging di atas atau makanan lainnya, bisa dilihat di selerasa.com.

Situs resep masakan dan makanan terbaik ini menyajikan berbagai resep masakan nusantara hingga mancanegara. Ada juga resep aneka kue dan dessert yang cocok untuk hidangan penutup setelah puas mengonsumsi makanan olahan daging. Semoga ulasan ini bermanfaat, ya!

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *