Tips Sukses Memulai Bisnis Ikan Hias Dengan Modal Kecil

tips sukses bisnis ikan hias dengan modal kecil

Bisnis yang menghasilkan bukan melulu bisnis makanan atau distro. Anda juga bisa mencoba untuk berbisnis ikan hias. Permintaan ikan hias sebagai peliharaan atau hiasan yang mempercantik rumah terus mengalami peningkatan.

Belum banyak orang yang mencoba bisnis ikan hias akibat bisnis ini cukup berisiko, sebab pangsa pangsa yang terfokus. Padahal, bisnis satu ini juga tidak kalah menjanjikan dari bisnis lain. Omzet yang bisa Anda dapatkan bahkan bisa mencapai puluhan juta rupiah, lho.

Melansir dari AshefaNews, berikut ini adalah beberapa tips bisnis ikan hias dengan modal kecil yang bisa Anda ikuti. Simak baik-baik, ya!

Menentukan Jenis Ikan Hias dan Target Pasar

Sebelum mulai berbisnis, Anda perlu menentukan jenis ikan hias serta menetapkan target pasar yang dituju. Umumnya, konsumen atau pembeli ikan hias mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Itu semua tergantung dari jenis ikan hias yang hendak Anda jual.

Jika Anda memiliki modal terbatas, sebaiknya jual ikan hias dari harga yang paling murah sebagai awalan. Hal ini untuk menghemat pengeluaran Anda di awal-awal berbisnis.

Siapkan Peralatan Usaha yang Dibutuhkan

Anda pun harus menyiapkan berbagai peralatan yang dibutuhkan dalam usaha bisnis ikan hias ini. Seperti kolam pemeliharaan, akuarium, pompa air, jaring, selang dan wadah, penyaring kotoran, tabung oksigen, terpal serta aksesoris-aksesoris lain untuk memperindah akuarium.

Semua peralatan tersebut tidak harus Anda beli secara sekaligus. Anda bisa membeli peralatan penting terlebih dahulu, peralatan lainnya bisa dibeli seiring dengan berkembangnya bisnis ikan hias.

Pilih Lokasi Usaha

Tips selanjutnya adalah menentukan atau memilih lokasi usaha. Pilihlah lokasi yang strategis dan mudah untuk diakses pembeli. Anda bisa juga membuat lokasi usaha semenarik mungkin agar konsumen atau pembeli tertarik untuk datang berkunjung.

Manfaatkan lahan depan rumah atau sewa ruko dengan harga yang murah untuk meminimalisir budget yang dikeluarkan. Pastikan lokasi tersebut strategis dan memiliki akses yang mudah.

Belajar Mengenai Ikan Hias

Jika ingin berbisnis ikan hias, Anda perlu mempelajari berbagai macam hal tentang budidaya ikan hias. Mulai dari cara membeli bibit, perkembangbiakannya hingga memberi pangan yang benar.

Dengan demikian, Anda pun bisa meminimalisir kegagalan serta mampu mengembangkan bisnis menjadi lebih besar dan sukses.

Itulah beberapa tips bisnis ikan hias dengan modal kecil. Jika ingin mencari tahu tips-tips bisnis lain, kunjungi saja situs ashefanews.com. Tak hanya tentang bisnis, Ashefa News juga menyediakan berita-berita update dari kalangan selebritis, berita kriminal dan masih banyak lagi. Semoga bermanfaat!

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *