7 Tanaman yang Cocok untuk Mempercantik Halaman Rumah

tanaman yang mempercantik halaman rumah

Rumah bukan hanya soal hunian belaka, namun ada sisi estetika didalamnya. Lewat dekorasi yang tepat, rumah terasa lebih nyaman, rileks, dan memancarkan energi positif. Nah kebanyakan orang lebih fokus pada interior rumah saat melakukan proyek dekorasi. Padahal, eksterior rumah juga dapat mempengaruhi estetika rumah secara keseluruhan.

Menurut Omah Review, salah satu elemen yang tak bisa dipisahkan terkait dekorasi halaman rumah yaitu tanaman. Ya, lewat pemilihan tanaman yang tepat, halaman rumah akan terlihat lebih artistik dan bisa dijadikan alternatif area keluarga.

Nah bagi kamu yang ingin mempercantik halaman rumah, sebaiknya cek 7 tanaman yang cocok untuk mempercantik halaman rumah berikut ini.

  1. Wortel

Kamu mungkin mengenal wortel hanya sebagai bahan sup dan juga kemampuannya yang mampu menyehatkan mata. Namun perlu kamu ketahui, wortel memiliki bunga yang sangat cantik. Bunga wortel berwarna putih, berenda-renda, dan terlihat berpola.

Dengan sistem hidroponik, kamu bisa menanam tanaman wortel di halaman rumah. Jadi selain bisa diambil batang wortelnya, kamu ‘pun bisa memanfaatkan keindahan bunga-bunganya yang terlihat sangat manis. Tak hanya itu, kamu juga bisa menanam wortel di pot atau vas bunga, lalu menggantungnya di sekitar halaman rumah.

  1. Melati

Jika kamu butuh elemen dekorasi yang murah, cepat, dan sangat cantik, maka tanamlah tanaman melati. Bunga melati yang berwarna putih smooth, juga memancarkan aroma yang wangi. Tak hanya itu, bunga melati juga bisa bertahan selama bertahun-tahun lamanya.

Bunga melati juga melambangkan ‘kesucian’, sehingga halaman rumah kamu terasa lebih higienis dan memancarkan energi positif. Kamu bisa menanamnya langsung lewat tanah ataupun lewat pot. Jika ingin hasil yang lebih maksimal, kamu bisa menanamnya di pot lalu menggantungnya di dinding. Bunga melati banyak jenisnya, namun yang paling populer tentu bunga melati putih.

  1. Pohon Palem

Tanaman yang cocok untuk mempercantik halaman rumah selanjutnya yaitu pohon palem. Pohon palem ini banyak digunakan sebagai dekorasi rumah karena relatif mudah tumbuh, dedaunannya tidak terlalu banyak, tidak terlalu besar, dan juga presentasinya yang sangat keren. Bahkan beberapa jenis pohon palem seperti pohon palem merah memiliki batang berwarna merah yang sangat cantik.

Tak hanya itu, dengan adanya pohon palem, pemilik rumah terasa seperti berada di kawasan pantai. Konsep nautical ini memang yang menjadikan pohon palem sangat hype belakangan ini. Pohon palem juga cocok dikombinasikan dengan rumah bergaya minimalis karena visual-nya yang tidak terlalu berlebihan.

  1. Kembang Sepatu

Tanaman lain yang sangat populer dijadikan dekorasi halaman rumah yaitu kembang sepatu. Kembang sepatu memiliki bunga berwarna-warni, mulai dari merah, putih, hingga kuning. Karena memiliki karakter warna-warni tersebut, halaman rumah terlihat lebih semarak, apalagi pada saat siang hari. Tak hanya enak dipandang, kembang sepatu juga sangat bermanfaat buat kesehatan.

  1. Mangga

Orang Indonesia dikenal suka menanam pohon yang menghasilkan buah di halaman rumahnya, salah satunya yaitu pohon mangga. Dengan ukurannya yang sangat besar, pohon mangga dapat memberikan keteduhan di halaman rumah.

Pohon mangga juga menghasilkan buah yang sangat enak, sehingga kamu ‘pun bisa memetiknya saat panen tiba. Dari sisi dekorasi, pohon mangga menghasilkan buah yang berwarna sangat cantik, campuran orange dengan hijau.

  1. Lidah Buaya

Meskipun terlihat seperti ‘lidah naga’, namun tanaman lidah buaya memberikan kesan tersendiri saat ditanam di halaman rumah. Dengan menanam lidah buaya, itu artinya kamu sedang menanam obat herbal terbaik di dunia. Iya betul sekali, lidah buaya banyak sekali manfaatnya, bisa buat kesehatan kulit, rambut, bahkan tubuh bagian dalam.

  1. Pandan

Jika kamu punya rumah minimalis modern, maka salah satu tanaman terbaik yang bisa ditempatkan di halaman rumah yaitu pandan. Selain bagus untuk dekorasi, dedaunan pandan juga bisa dijadikan sebagai bahan masakan.  O ya, tanaman pandan juga dapat mengusir serangga, sehingga rumahmu terbebas dari gangguan serangga.

Nah itulah 7 tanaman yang cocok untuk mempercantik halaman rumah by Mama Baik. Jangan khawatir, semua tanaman di atas sangat mudah didapatkan. Semoga bermanfaat ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *