5 Cara Mengatasi Trust Issue, Anda Perlu Tahu!

mengatasi trust issue

Pada dasarnya, trust issue merupakan kondisi seseorang yang tidak memiliki kepercayaan atau rasa percaya diri yang rendah terhadap orang lain. Orang yang mengalami persoalan tersebut akan terus mencurigai pihak yang terlibat hubungan dengannya, baik keluarga, teman, pasangan, dan lingkungan pekerjaan.

Trust issue kerap dipicu akibat pengalaman tidak menyenangkan di masa lalu dan sulit untuk dilupakan, seperti dikhianati, dikecewakan, disakiti dan sebagainya. Lalu, bagaimana sih cara mengatasi krisis kepercayaan ini? Simak terus penjelasan di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut cara mengatasi trust issue terhadap orang lain.

Cobalah berkomunikasi seperti biasa

Orang dengan krisis kepercayaan tentunya melakukan komunikasi, hanya saja dia melakukannya dengan memberikan sedikit batasan pada orang lain.

Nah, mulai sekarang cobalah melakukan komunikasi dengan santai dan jangan berpikiran bahwa orang tersebut akan bertindak jahat atau menyakiti kalian.

Mulai terbuka dan bersikap jujur secara perlahan

Kalian bisa menceritakan semua keluh kesah selama menghadapi trust issue ini kepada orang terdekat. Dengan demikian, perlahan kalian akan mendapatkan orang-orang yang mendukung, mendengarkan, serta memberikan saran terbaik atas apa yang kalian keluhkan sebelumnya.

Namun, ceritakan semuanya secara jujur dan gamblang. Tidak masalah jika kalian tidak mau terbuka secara langsung, namun tetaplah mencoba sedikit demi sedikit sehingga nantinya akan terbiasa.

Belajar memaafkan diri sendiri dan orang lain

Salah satu alasan mengapa manusia sering kesulitan untuk keluar dari situasi dan kondisi yang kurang menenteramkan hati adalah karena dia belum bisa memaafkan diri sendiri. Saat kalian memaafkan diri sendiri, hati jadi terasa tenang dan lega seolah semua beban telah terangkat. Karena secara tidak sadar, kalian telah membuang energi negatif yang ada dalam diri, baik dari hati maupun pikiran.

Energi positif seperti rasa lega, damai, tenang dan sebagainya pun akan masuk secara perlahan dalam diri kalian sendiri. Selain itu, kalian juga perlu memaafkan orang-orang yang pernah terlibat agar tidak membawa luka lama nantinya di masa depan. Jika terasa sulit, cobalah mengingat apa saja kebaikan yang pernah orang tersebut lakukan pada kalian.

Belajar percaya pada orang-orang di sekitar

Manusia pernah luput dari setiap kesalahan, baik kecil maupun besar. Maka, kalian perlu belajar untuk menerima dan percaya pada orang lain, minimal pada orang-orang di sekitar kalian sendiri. Buang semua spekulasi yang jaringan-jaringan otak atau neurosains ciptakan tentang orang tersebut akan mengecewakan atau menyakiti kalian nantinya.

Jangan memaksakan diri

Kalian jangan terlalu memaksakan diri untuk mencoba mulai membangun rasa kepercayaan pada seseorang. Lakukanlah secara perlahan namun pasti. Sebuah proses memang memerlukan waktu untuk sampai di tujuan.

Hal terpenting lain adalah tingkatkan juga kepercayaan diri sendiri, karena kepercayaan pada diri sendiri akan berpengaruh pada kemampuan kalian untuk memercayai orang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *